# MENDUKUNG GERAKAN SATU JUTA ATAP ENERGI BARU TERBARUKAN #

email

email : office@indopv.com

phone1

 0813 1306 6717

0812 1169 4010

 0815 8622 5692

0812 9417 7540

sunlight

Home

On Grid

Off Grid

Hybrid

Paket PLTS

Solar Panel

Inverter

Charger & Battery

 

 

 

Email

Kementerian ESDM Siapkan Regulasi Pembangkit Listrik Surya di Atap

Penulis: Fariha Sulmaihati
Editor: Arnold Sirait

petugas_pln

Petugas PLN mengecek panel surya di rumah pelanggan di Jalan Mangunsankoro, Menteng, Jakarta Pusat. Hingga saat ini sudah ada sejumlah pelanggan yang memanfaatkan panel surya dan melakukan barter energi listrik dengan PLN.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menyiapkan payung hukum yang mengatur mengenai pembangkit listrik tenaga surya yang dipasang di atap (PLTS Rooftop). Payung hukum ini nantinya berupa Peraturan Menteri ESDM.

Kepala Sub Direktorat Investasi dan Kerja sama Aneka Energi Baru Terbarukan Abdi Dharma Saragih mengatakan payung hukum ini nantinya mengatur lebih detail mengenai penggunaan PLTS rooftop. Ada poin-poin seperti transaksi listrik yang bisa diserap, siapa yang akan menjadi penggunanya, kemudian pelanggan dan durasinya,” kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (27/7)
Beberapa kelompok yang bisa memasang rooftop adalah pelanggan PT Perusaahaan Lisrik Negara (PLN)  di industri, rumah tangga, komersial, dan publik. Pemasangan rooftop pun tidak memakai baterai dan menempel dengan jaringan PLN menggunakan meteran ekspor dan impor.
Namun, hal tersebut masih menunggu persetujuan dari perusahaan setrum milik negara itu. “Ini bergantung PLN mau terima atau tidak,” ujar Abdi Dharma..
Pemerintah, pengembang, dan PLN pun sudah membuat kesepakatan agar kapasitas PLTS rooftop ini tidak melebihi penggunaan tenaga listrik yang ada di rumah. Jadi, dengan kesepakatan itu, PLTS yang akan dibangun berukukran 1 meter dikalikan 1,8 meter. Itu setara dengan 260 megawatt.

Biaya pemasangan PLTS Rooftop ini pun bervariasi. Ada yang sekitar Rp 15 juta untuk satu sampai 100 kilo watt (KWT). Pengembangan PLTS ini diharapkan menjadi alternatif pemenuhan energi bagi masyarakat. “PLTS itu kalau siang bisa kami pakai, ujar Abdi.

https://katadata.co.id/berita/2018/07/30/kementerian-esdm-siapkan-regulasi-pembangkit-listrik-surya-di-atap

BERITA

 Kementrian ESDM .....

 Regulasi PLTS ....

PLN Listriki 1000 Pulau...